Tips Mengenali Jenis Kain Secara Sederhana dan Mudah

Posted on

NOTE : **Hanya Melayani Pembelian Online

Tips mengenali jenis kain – Mungkin kita sering mendengar berbagai macam jenis kain, ada banyak sekali jenis kain namun pada kesempatan kali ini saya coba akan membahas 2 jenis saja yaitu kain katun dan kain polyester.

Mari kita lihat asal muasal kedua jenis kain ini.

Pertama Kain Katun. Kain katun berasal dari tumbuh tumbuhan, yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi serat2 kain dan di tenun menjadi lembaran2 kain kemudian di jahit menjadi beraneka ragam busana.

Karena asalnya dari tumbuhan, kain katun mempunyai daya serap keringat yang bagus sehingga cocok sekali di pakai untuk di daerah yang panas termasuk di indonesia terutama jakarta, namun kelemahan bahan katun ini adalah cepat mudah kusut dan mudah kotor. Kain katun paling cocok untuk pembuatan pakaian seperti baju gamis, pakaian kerja kantoran dan lainnya.

Kedua Kain polyester. Kain polyester ini berasal dari plastik, yang diolah menjadi serat plastik dan di tenun menjadi lembaran kain dan selanjutnya menjadi pakaian. Bahan ini kelebihannya adalah tidak mudah kusut, kalau di cuci mudah keringnya, dan tidak susut maupun melar. Kekurangannya adalah kain polyester sulit menyerap keringat dan panas jika di pakai. Bahan ini cocok di gunakan di daerah bersuhu dingin atau di ruangan ber AC.

Bagaimanakah cara membedakan antara bahan polyester dan katun..?

Nah.. ada cara sederhana untuk mengetahui suatu bahan apakah bahan katun atau polyester caranya sebagai berikut : Ambil sehelai benang dari kain tersebut kemudian kita bakar ujungnya, kalo bahan katun ketika kita bakar asapnya berbau seperti kertas terbakar sedangkan untuk bahan polyester ketika di bakar baunya seperti plastik terbakar,..

Mudah bukan..

Jadi Anda tidak akan tertipu lagi mengenai bahan sewaktu Anda membeli produk pakaian, atau memesan seragam kerja karena pakaian atau seragam kerja harus disesuaikan dengan kondisi / lingkungan kerjanya.

sumber : https://wikipie.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *